STRATEGI PEMASARAN DARI PENGARUH PRIBADI

Pernyataan lisan yang positif dapat menjadi salah satu asset terbesar dari pemasar, sementara hal yang berlawanan dapat berlaku bila isinya negative. Pengaruh pribadi tentu saja tidak dapat langsung dikendalikan oleh perusahaan niaga, tetapi dapat distimulasi dan disalurkan dengan banyak cara, antara lain sebagai berikut:
1. Memonitor Isi Pernyataan Lisan
Setidaknya kita perlu memonitor apakah komunikasi lisan terjadi dan dampak yang ditimbulkannya. Berikut adalah beberapa kesimpulan utamanya:
• Lebih dari 12 % memberi tahu 20 orang atau lebih mengenai respons yang mereka terima dari perusahaan tersebut.
• Orang yang puas sepenuhnya dengan respons tersebut member tahu rata-rata 4-5 orang lain mengenai pengalaman positif mereka.
• Hampir 10% dari orang yang benar-benar puas meningkatkan pembelian mereka atas produk perusahaan tersebut.
• Orang yang merasa tidak diperlakukan secara memadai mengkomunikasikan fakta ini kepada rata-rata 9 hingga 10 orang lain
• Hampir sepertiga dari orang yang merasa keluhan mereka tidak ditangani secara memadai menolak membeli produk perusahaan itu lagi, dan 45 % lagi mengurangi pembelian mereka.
2. Kepercayaan Tunggal akan Komunikasi Lisan
Pada keadaan tertentu sangat memungkinkan untuk percaya hanya pada komunikasi lisan untuk mempengaruhi penjualan suatu produk segera setelah produk tersebut diluncurkan ke pasar.
3. Menggunakan Pemberi Pengaruh Sebagai Target Pasar
Tidak dapat dipungkiri bahwa pemberi pengaruh peka terhadap berbagai sumber informasi, termasuk iklan. Setidaknya secara teoritis adlah untuk memandang mereka sebagai pangsa pasar yang berbeda, bila mereka dapat diidentifikasi.
4. Menstimulasi Komunikasi Lisan
Meminjamkan atau memberitahu tentang produk milik perusahaan pada oarng-orang tertentu yang memilki pengaruh dalam pemasaran produk ternyata memberikan manfaat karena sangat memungkinkan beberapa persen dari mereka akan menjadi pembeli dan beberapa lagi akan mepromosikan ke pada teman-temannya.
5. Menciptakan Pemberi Pengaruh
Sangat memungkinkan untuk menyewa atau langsung melibatkan orang yang mempunyai karakteristik seorang pemberi pengaruh, selain itu dapat juga dilakukan dengan cara memberikan insentif kepada pelanggan baru seperti memberikan rabat uang secara langsung dengan tujuan menarik pelanggan lebih banyak. Satu lagi yang dapat dilakukan ialah dengan iklan yang memikat imajinasi dan membangkitkan mnat untuk membeli.
6. Mengendalikan Komunikasi Lisan yang Negatif
Strategi yang dapat dilakukan perusahaan jika telah melakukan kesalahan terhadap produknya ialah dengan pengakuan sesegera mungkin terhadap kesalahan yang telah dilakukan oleh juru perusahaan yang dapat dipercaya. Komunikasi lisan yang negative tidak mudah hilang begitu saja sehingga sangat penting untuk segera diselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s